Dampak kekurangan Vitamin pada anak

suplemen untuk bayi

Untuk memenuhi nutrisi anak dengan baik, Anda tak cuma kudu memandang kebutuhan zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, lemak, dan serat, memang penting. Namun jangan lupa kalau asupan zat gizi mikro anak termasuk perlu terpenuhi bersama dengan baik, keliru satunya vitamin. Sebenarnya, seberapa perlu fungsinya agar anak tidak boleh tidak cukup asupan vitamin? Penting untuk diperhatikan juga beragam gejala kekurangan vitamin terhadap anak.
Apa manfaat vitamin untuk tumbuh kembang anak?

Vitamin adalah group zat gizi yang selalu diperlukan oleh tubuh biarpun jumlahnya tidak benar-benar banyak. Pasalnya, vitamin berfungsi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak secara keseluruhan.

Mulai dari memperkuat sistem imun tubuh, menunjang berbagai faedah sel dan organ tubuh, sampai menopang pertumbuhan otak. Sebaliknya, ketika anak tidak cukup asupan vitamin pasti akan terjadi halangan pada proses tumbuh kembangnya, lebih-lebih bisa sampai mengganggu kegunaan tubuhnya

Oleh karena itu, telah selayaknya memberi tambahan bervariasi variasi makanan pada anak tiap tiap hari fungsi memenuhi kebutuhan vitaminnya.
Berbagai tanda-tanda kekurangan vitamin terhadap anak

Ada 6 type vitamin bersama dengan angka kecukupan yang berbeda-beda pada setiap kelompok umur anak. Meliputi vitamin A, B, C, D, E, dan K. Berdasarkan pembawaan larutnya, seluruh jenis vitamin tersebut dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu:
Vitamin larut lemak

Sesuai dengan namanya, vitamin larut lemak adalah jenis vitamin yang ringan sekali larut atau lebur bersama lemak. Menariknya, faedah yang diberikan berasal dari vitamin larut lemak cenderung lebih baik ketika dimakan bersama bersama makanan sumber lemak.

Beragam type vitamin larut lemak yakni vitamin A, D, E, dan K. Kurang asupan vitamin selanjutnya pada anak akan menimbulkan bermacam macam tanda dan gejala, seperti:
1. Vitamin A

sakit mata pada anak

Kebutuhan vitamin A di setiap kelompok umur anak:

    Usia zero-6 bulan: 375 mikrogram (mcg)
    Usia 7-eleven bulan: 400 mcg
    Usia 1-3 tahun: four hundred mcg
    Usia 4-6 tahun: 375 mcg
    Usia 7-9 tahun: 500 mcg
    Usia 10-18 tahun: laki-laki dan perempuan 600 mcg

Secara keseluruhan, vitamin A perlu untuk merawat kesegaran mata anak. Selain itu, mencukupi keperluan vitamin A anak terhitung menopang menghambat infeksi, merawat kesegaran kulit, sistem saraf, otak, serta tulang dan gigi.

Itu sebabnya, kurang asupan vitamin A pada anak berisiko menyebabkan persoalan penglihatan, seperti rabun senja. Jika kekurangan vitamin A terhadap anak konsisten berlanjut, bisa berujung pada penurunan fungsi kornea sampai mengakibatkan kebutaan.

Melansir dari WHO, risiko serangan penyakit infeksi seperti diare dan campak termasuk dapat meningkat. Berbagai gejala saat asupan vitamin A terhadap anak kurang, meliputi:

    Kulit dan mata kering
    Kesulitan memandang di malam hari dan area gelap
    Masalah terhadap saluran pernapasan
    Waktu penyembuhan luka lambat

Makanan sumber vitamin A

Sebelum kekurangan vitamin A terhadap anak makin lama parah, sebaiknya perbanyak asupan makanan sumber vitamin A tiap-tiap harinya.

Anda sanggup memberikan sumber hewani layaknya telur, susu, keju, margarin, dan minyak ikan, hati sapi, dan ikan. Sementara sumber nabati bisa didapatkan dari wortel, tomat, daun kemangi, bayam, daun pepaya, dan lainnya.
2. Vitamin D

kurang vitamin D pici skizofrenia

Kebutuhan vitamin D di tiap-tiap grup umur anak:

    Usia zero-6 bulan: 5 mcg
    Usia 7-11 bulan: 5 mcg
    Usia 1-3 tahun: 15 mcg
    Usia four-6 tahun: 15 mcg
    Usia 7-9 tahun: 15 mcg
    Usia 10-18 tahun: laki-laki dan perempuan 15 mcg

Vitamin D diperlukan untuk menopang beragam manfaat tubuh anak. Mulai dari menjaga kesehatan tulang dan gigi, memperkuat proses kekebalan tubuh, serta memelihara kesehatan jantung dan paru-paru. Sayangnya, tak jarang asupan vitamin D anak kurang sehingga membuat timbulnya begitu banyak ragam masalah kesehatan.

Anak rentan mengalami rakitis, supaya memicu tulang jadi lunak dan enteng bengkok. Tulang kaki terhitung biasanya dapat berubah bentuk menjadi huruf O atau X. Bukan cuma itu, asupan vitamin D yang kurang sanggup membuat kejang otot dan kerusakan gigi.

Vitamin D tidak mampu diproduksi sendiri oleh tubuh, melainkan perlu didapat berasal dari makanan harian dan cahaya matahari. Setelah terpapar sinar matahari, barulah proses pembentukan vitamin D di di dalam tubuh aktif.

Asupan vitamin D yang tidak cukup pada anak ditandai bersama munculnya beberapa tanda-tanda seperti:

    Kesulitan beranapas
    Kejang otot
    Tulang tengkorak dan kaki lunak, bahkan terlihat melengkung
    Timbul rasa sakit dan kelemahan pada otot kaki
    Tumbuh gigi lambat
    Rambut rontak atau rusak
    Rentan di serang infeksi pernapasan

Makanan sumber vitamin D

Anak yang kurang vitamin D sanggup diobati bersama dengan memperbanyak asupan vitamin D harian dari makanan. Sumber makanan yang tinggi persentase vitamin D yakni kuning telur, margarin, minyak ikan, susu, keju, ikan salmon, minyak jagung, jamur, ikan tuna, dan lainnya.

Selain dari makanan, penuhi terhitung keperluan anak yang tidak cukup vitamin D bersama dengan kerap terpapar sinar matahari. Misalnya berjemur di bawah matahari pas pagi dan sore hari. Atau mengajak si kecil bermain di luar tempat tinggal di pagi hari, sekiranya ia telah cukup umur.
3. Vitamin E

Kebutuhan vitamin E di tiap-tiap group usia anak:

    Usia 0-6 bulan: 4 miligram (mg)
    Usia 7-eleven bulan: 5 mg
    Usia 1-three tahun: 6 mg
    Usia 4-6 tahun: 7 mg
    Usia 7-9 tahun: 7 mg
    Usia 10-12 tahun: laki-laki dan perempuan 11 mcg
    Usia 13-15 tahun: laki-laki 12 mcg dan perempuan 15 mcg
    Usia 16-18 tahun: laki-laki dan perempuan 15 mcg

Dalam jumlah yang cukup, asupan vitamin E berperan sebagai antioksidan yang akan menopang memelihara sel tubuh berasal dari serangan radikal bebas. Radikal bebas adalah sebuah senyawa yang dapat mengundang penyakit berbahaya, layaknya kanker.

Sebaliknya, kekurangan vitamin E pada anak dapat membawa dampak masalah saraf (neurological) dan retina mata. Kejadian anak kurang vitamin E sebetulnya jarang terjadi. Kondisi ini baru akan terlihat ketika tubuh anak tidak meraih asupan vitamin E di dalam jangka selagi lama.

Asupan vitamin E yang tidak cukup pada anak ditandai bersama munculnya gejala, yakni:

    Kelemahan otot
    Masalah penglihatan
    Sistem kekebalan tubuh melemah

Makanan sumber vitamin E

Demi mencukupi keperluan dan mencegah kekurangan vitamin E pada anak, sebaiknya sajikan makanan yang kaya kadar vitamin E. Misalnya kacang almond, minyak sayur, tomat, brokoli, minyak zaitun, kentang, bayam, jagung, dan juga kedelai.
4. Vitamin Okay

Kebutuhan vitamin Okay di tiap tiap kelompok umur anak:

    Usia 0-6 bulan: 5 mcg
    Usia 7-eleven bulan: 10 mcg
    Usia 1-3 tahun: 15 mcg
    Usia four-6 tahun: 20 mcg
    Usia 7-9 tahun: 25 mcg
    Usia 10-12 tahun: laki-laki dan perempuan 35 mcg
    Usia 13-18 tahun: laki-laki dan perempuan fifty five mcg

Vitamin K diperlukan untuk membantu proses pembekuan darah sekaligus menghentikan perdarahan kala luka. Dibandingkan orang dewasa, kekurangan vitamin Okay lebih sering dialami oleh anak-anak terutama bayi.

Ini sebab kebutuhan vitamin K pada orang dewasa sanggup bersama dengan ringan diperoleh berasal dari sumber makanan harian, atau berasal dari sistem pembentukan tubuh.

Sementara terhadap bayi, pasokan vitamin K yang dimilikinya tergolong amat rendah. Akibatnya, tubuh tidak bisa menjalankan fungsinya secara optimal untuk membekukan darah, yang lantas menaikkan risiko perdarahan.

Namun di dalam lebih dari satu kasus, anak-anak juga sanggup kurang vitamin K dikarenakan mengkonsumsi obat-obatan atau mempunyai keadaan medis tertentu. Berikut sebagian tanda-tanda kekurangan vitamin Okay terhadap anak:

    Kulit enteng memar
    Muncul gumpalan darah di bawah kuku
    Tinja berwarna hitam gelap, atau apalagi mengandung darah

Jika dialami oleh bayi, kekurangan vitamin K mampu mengakibatkan gejala:

    Perdarahan di daerah tali pusat dilepas
    Perdarahan di kulit, hidung, saluran pencernaan, atau anggota lainnya
    Perdarahan mendadak pada otak, yang berpotensi mengancam jiwa
    Warna kulit jadi pucat dari hari ke hari
    Bagian putih pada mata beralih menguning setelah sebagian hari

Makanan sumber vitamin K

Ada bermacam sumber makanan yang sanggup menopang mencukupi keperluan vitamin K anak. Contohnya bayam, brokoli, seledri, wortel, apel, alpukat, pisng, kiwi, dan jeruk.

Kandungan vitamin K juga terdapat terhadap sumber hewani, seperti ayam, serta hati dan daging sapi. Akan tetapi, untuk menolong memulihkan kondisinya, dokter umumnya akan menambahkan suplemen vitamin Okay (phytonadione) untuk mengatasi kekurangannya.

Suplemen ini mampu diberikan melalui oral (minum) maupun suntikan kalau anak susah minum suplemen oral. Dosis perlindungan suplemen ini kebanyakan bergantung dari usia dan suasana kesegaran anak.
Vitamin larut air

Kebalikan dari vitamin larut lemak, vitamin larut air hanya mampu lebur dengan air dan bukan lemak. Vitamin larut air terdiri atas vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12), serta vitamin C. Berikut penjelasan untuk masing-masing kekurangan vitamin larut air pada anak:
1. Vitamin B1

manfaat vitamin b1

Kebutuhan vitamin B1 di tiap tiap grup usia anak:

    Usia zero-6 bulan: zero,3 mg
    Usia 7-eleven bulan: 0,4 mg
    Usia 1-3 tahun: 0,6 mg
    Usia four-6 tahun: zero,8 mg
    Usia 7-9 tahun: 0,9 mg
    Usia 10-12 tahun: laki-laiki 1,1 mg dan perempuan 1 mg
    Usia 13-15 tahun: laki-laki 1,2 mg dan perempuan 1 mg
    Usia 16-18 tahun: laki-laki 1,three mg dan perempuan 1,1 mg

Vitamin B1 (tiamin) bertugas untuk menahan komplikasi pada organ jantung, lambung, usus, otot, serta sistem saraf. Namun tidak cuman itu, asupan vitamin B1 yang cukup termasuk sanggup membantu menambah kekuatan tahan tubuh terhadap serangan penyakit.

Sayangnya, anak yang kurang beroleh memadai asupan vitamin B1 dapat mengalami penyakit beri-beri. Beberpaa gejala anak tidak cukup vitamin D seperti:

    Nafsu makan menurun
    Otot melemah
    Kelelahan
    Penglihatan terganggu

Makanan sumber vitamin B1

Anda bisa menghambat kekurangan vitamin B1 terhadap anak dengan memberikan beraneka variasi makanan seperti daging sapi, telur, daging ayam, susu, dan keju. Sumber nabati terhitung membantu terpenuhinya kebutuhan vitamin B1, misalnya jeruk, tomat, kentang, brokoli, asparagus, pisang, apel, dan lainnya.
2. Vitamin B2

sakit tenggorokan pada anak

Kebutuhan vitamin B2 di setiap kelompok umur anak:

    Usia 0-6 bulan: 0,three mg
    Usia 7-11 bulan: zero,four mg
    Usia 1-3 tahun: 0,7 mg
    Usia four-6 tahun: 1 mg
    Usia 7-9 tahun: 1,1 mg
    Usia 10-12 tahun: laki-laki 1,3 mg dan perempuan 1,2 mg
    Usia 13-15 tahun: laki-laki 1,5 mg dan perempuan 1,3 mg
    Usia 16-18 tahun: laki-laki 1,6 mg dan perempuan 1,3 mg

Kekurangan vitamin B2 (riboflavin) pada anak sanggup mengakibatkan tanda-tanda berupa:

    Luka terhadap sudut mulut dan bibir
    Perubahan warna lebih jadi lebih gelap
    Masalah pada penglihatan, layaknya peka terhadap cahaya, berair, sampai merah
    Kulit kering
    Sakit tenggorokan

Anak-anak butuh asupan vitamin B2 yang lumayan manfaat melancarkan sistem pencernaan karbohidrat, lemak, dan protein sebagai sumber energi. Selain itu, vitamin ini termasuk mendukung memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, dan juga menjaga kesehatan kulit, kuku, dan rambut.

Makanan sumber vitamin B2

Anak mampu beroleh kecukupan vitamin B2 berasal dari daging, telur, susu, keju, kacang-kacangan, jamur, brokoli, asparagus, hingga nasi.
3. Vitamin B6

manfaat vitamin B6

Kebutuhan vitamin B6 di setiap group usia anak:

    Usia 0-6 bulan: 0,1 mg
    Usia 7-eleven bulan: 0,3 mg
    Usia 1-3 tahun: 0,5 mg
    Usia 4-6 tahun: 0,6 mg
    Usia 7-9 tahun: 1 mg
    Usia 10-18 tahun: laki-laki 1,3 mg dan perempuan 1,2 mg

Kekurangan vitamin B6 (pyridoxine) terhadap anak dapat menyebabkan bermacam gejala, berupa:

    Sistem kekebalan tubuh lemah
    Pembengkakan atau luka di kurang lebih mulut, bibir, dan lidah
    Bibir kering dan pecah-pecah
    Ruam terhadap kulit
    Kelelahan
    Tubuh kejang

Makanan sumber vitamin B6

Itu sebabnya, penting untuk memenuhi asupan vitamin B6 untuk anak agar tidak kurang. Sumber makanan vitamin B6 layaknya ikan, kentang, daging ayam, hati sapi, kacang-kacangan, dan sebagian model buah asam.
4. Vitamin B12

kekurangan vitamin B12

Kebutuhan vitamin B12 di tiap tiap kelompok umur anak:

    Usia 0-6 bulan: zero,four mg
    Usia 7-eleven bulan: 0,5 mg
    Usia 1-3 tahun: zero,9 mg
    Usia four-6 tahun: 1,2 mg
    Usia 7-9 tahun: 1,2 mcg
    Usia 10-12 tahun: laki-laki dan perempuan 1,eight mcg
    Usia thirteen-18 tahun: laki-laki dan perempuan 2,4 mcg

Kekurangan vitamin B12 pada anak bakal menyebabkan gejala seperti:

    Sakit kepala ringan
    Tubuh lemah dan lelah
    Jantung berdebar
    Sesak napas
    Kulit pucat
    Mengalami diare dan sembelit
    Nafsu makan menurun
    Masalah saraf layaknya mati rasa, kesemutan, kelemahan otot, dan kesusahan berjalan
    Penglihatan terganggu

Dilihat berasal dari angka kecukupanya, kebutuhan vitamin B12 mengalami peningkatan terhadap sebagian group usia. Hal ini sebab vitamin ini dibutuhkan untuk proses metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Khususnya untuk menunjang mengolah selubung terhadap proses saraf (mielin) dan serabut saraf.

Makanan sumber vitamin B12

Anda bisa menopang menghindar anak kurang vitamin B12 bersama dengan beri tambahan sumber makanan yang beragam. Misalnya daging sapi, ayam, hati sapi, susu, keju, kuning telur, ikan tuna, ikan bandeng, dan lainnya.
5. Vitamin B3, B5, B7, dan B9

vitamin saat puasa

Kebutuhan vitamin B3, B5, B7, dan B9 secara berurutan di tiap tiap group usia anak:

    Usia zero-6 bulan: 2 mg, 1,7 mg, 5 mcg, dan 65 mcg
    Usia 7-11 bulan: four mg, 1,eight mg, 6 mcg, dan 80 mcg
    Usia 1-three tahun: 6 mg, 2 mg, 8 mcg, dan a hundred and sixty mcg
    Usia four-6 tahun: 9 mg, 2 mg, 12 mcg, dan 200 mcg
    Usia 7-9 tahun: 10 mg, three mg, 12 mcg, dan 300 mcg
    Usia 10-12 tahun: laki-laki 12 mg dan perempuan 11 mg, laki-laki dan perempuan four mg, laki-laki dan perempuan 20 mcg, dan laki-laki dan perempuan 400 mcg
    Usia 13-15 tahun: laki-laki 14 mg dan perempuan 12 mg, laki-laki dan perempuan 5 mg, laki-laki dan perempuan 25 mcg, dan laki-laki dan perempuan 400 mcg
    Usia 16-18 tahun: laki-laki 15 mg dan perempuan 12 mg, laki-laki dan perempuan 5 mg, laki-laki dan perempuan 30 mcg, dan laki-laki dan perempuan 400 mcg

Sama seperti vitamin B yang lainnya, kebutuhan vitamin B3, B5, B7, dan B9 pada anak juga sebaiknya tercukupi bersama baik. Namun, persoalan anak tidak cukup lebih dari satu style vitamin ini terbilang jarang ditemukan.

Jika pun ada, kebanyakan gejalanya berbeda-beda terkait berasal dari style vitamin yang jumlahnya tidak tercukupi terhadap tubuh anak. Secara khususnya, anak yang tidak cukup vitamin B3 kebanyakan mengalami masalah terhadap tenggorokan dan perut. Misalnya terasa mual, muntah, sampai mengalami diare dan konstipasi.

Sementara kekurangan biotin (vitamin B7) memicu kulit kepala rusak dan bersisik. Lain halnya bersama dengan kekurangan vitamin B5 yang mengakibatkan keluhan berbentuk kesusahan tidur, mual, muntah, kram otot, dan juga mati rasa di beberapa anggota tubuh.

Di segi lain, anak yang kekurangan vitamin B9 akan menyatakan tanda-tanda kelelahan, pembengkakan pada lidah, dan persoalan pertumbuhan.
6. Vitamin C

suplemen vitamin c cara menangani anemia

Kebutuhan vitamin C di tiap-tiap group usia anak:

    Usia 0-6 bulan:
    Usia 7-eleven bulan:
    Usia 1-3 tahun:
    Usia four-6 tahun:
    Usia 7-9 tahun: forty five mg
    Usia 10-12 tahun: laki-laki dan perempuan 50 mg
    Usia 13-15 tahun: laki-laki 75 mg dan perempuan sixty five mg
    Usia sixteen-18 tahun: laki-laki ninety mg dan perempuan seventy five mg

Asupan vitamin C yang cukup terhadap anak dapat menolong membentuk dan memperbaiki sel darah merah, tulang, serta jaringan tubuh. Bukan cuma itu saja. Kesehatan gusi anak termasuk tetap terjaga, mempercepat pengobatan luka, menaikkan kekebalan tubuh, dan juga menghindar infeksi.

Bahkan, vitamin C turut berperan penting didalam menopang sistem penyerapan mineral zat besi yang ada di dalam sumber makanan. Itulah mengapa kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan bermacam gejala terhadap anak, berupa:

    Luka jadi pulih lebih lama
    Sendi menjadi sakit dan membengkak
    Tulang melemah
    Kerap mengalami perdarahan gusi
    Mudah sariawan
    Folikel rambut berwarna merah

Makanan sumber vitamin C

Supaya tidak hingga kekurangan, atau mendambakan membuat sembuh asupan vitamin C yang kurang terhadap anak, ada banyak variasi sumber makanan yang bisa Anda berikan. Meliputi buah jambu, jeruk, pepaya, kiwi, mangga, tomat, pisang, stroberi, brokoli, paprika, dan bayam.
Perlukah memberikan suplemen vitamin untuk anak?

suplemen untuk bayi

Suplemen vitamin umumnya direkomendasikan dikala anak mengalami kekurangan vitamin didalam tingkat yang cukup parah. Dengan kata lain, suplemen vitamin tidak dapat menukar asupan vitamin alami yang kudu didapatkan berasal dari makanan.

Sebab satu style makanan saja sebetulnya udah sanggup menyumbang sejumlah vitamin dan beragam zat gizi lainnya. Ambil contohnya jeruk, yang sekali makan saja sanggup mengimbuhkan Anda vitamin C, asam folat, kalsium, dan serat.

Meski jumlah kebutuhan harian anak tidak benar-benar banyak, namun asupan makanan sumber vitamin selamanya wajib tertata dan sesuai kebutuhan. Sebagian besar vitamin tidak dihasilkan sendiri oleh tubuh, kecuali vitamin K yang diproduksi oleh bakteri di usus.

Penting untuk dipahami, selama selera dan nafsu makan anak baik, disertai dengan perlindungan menu makanan harian yang lengkap, maka tidak harus mengimbuhkan suplemen vitamin. Namun di dalam sebagian kasus, bantuan suplemen vitamin justru direkomendasikan ketika:

    Anak ada masalah di dalam mendapatkan asupan vitamin yang cukup, sekiranya dikarenakan mengalami gangguan penyerapan zat gizi.
    Anak sedang sakit dan nafsu makannya menurun. Pemberian suplemen mempunyai tujuan untuk mencukupi kebutuhan gizinya.
    Anak yang baru pulih berasal dari sakit. Setelah kondisinya menjadi membaik, sebaiknya kurangi bantuan suplemen dan hentikan disaat anak sudah sehat total.
    Anak susah atau tidak sudi makan. Biasanya terjadi karena jenuh bersama dengan menu harian, tengah tumbuh gigi, tengah sakit, dan lain sebagainya.
    Anak kurus atau berat badannya susah naik. Dalam hal ini, diperlukan konsultasi bersama dokter terlebih dahulu. Dokter nantinya bakal menentukan dosis dan peraturan dukungan suplemen vitamin anak sesuai kebutuhannya.

Di samping itu, perhatikan termasuk cara memberi tambahan suplemen vitamin terhadap anak. Anak yang sudah sanggup menelan dengan baik bisa diberikan suplemen dalam bentuk gummy maupun pill oral (minum). Sedangkan untuk anak yang berusia tidak cukup berasal dari three tahun, suplemen vitamin dapat diberikan dalam bentuk cair agar anak tidak tersedak.

Baca Juga :
Jual Rak Buku Anak
Rak Buku Anak TK

Komentar